Tips Memiilih Laptop Ketika Ingin Membeli Sesuai Dengan Kebutuhan

tips memilih laptop terbaik sesuai kebutuhan

Kebutuhan laptop kini lebih tinggi dibandingkan PC. Semua orang merasa laptop lebih mobile dan dapat memenuhi keperluan yang sama dengan komputer desktop. Nah, untuk Anda yang hendak mendapatkan bantuan dalam melakukan pembelian laptop yang sesuai dengan kebutuhan, coba simaklah cara-cara berikut ini:

Sebelum anda masuk ke materi sebaiknya kamu mengenali perbedaan notbook, notebook, dan juga laptop. Berikut ini gambaran perbedaannya:

  • Notbook, ukuran layarnya 6-13 inchi, tidak mempunyai spesifikasi tinggi, hanya terdapat processor kelas menengah ke bawah. Ciri lainnya, tidak ada DVD ROM.
  • Notebook, ukurannya layar 13.1 inchi, spesifikasi yang ditawarkan telah mewadahi dan nyaris setara PC biasa, ada processor lumayan memadai, hard disk sudah lumayan besar kapasitasnya, dan dibekali DVD-ROM.
  • Laptop, mempunyai ukuran lebih besar layar 18 inchi, lebih berat. Namun, semakin kedepan semakin sulit memisahkan laptop dengan notebook, sebab notebook adalah regenerasi dari laptop pada masa sekarang.

Baca juga: Cara Memilih Spesifikasi Komputer Untuk Desain Grafis

Mengenali Kebutuhan

Penting sekali mengetahui kebutuhan. Apakah anda membeli untuk pekerjaan, pekerjaan sekolah dan studi atau untuk kesukaan seperti hiburan, permainan. Jenis kegiatan pun beragam mungkin berpengaruh menggunakan untuk pekerjaan kantoran office, atau sebagai desain grafis, videografer bisa juga fotografer. Jadi sebelum melakukan pembelian kenali dulu faedah yang paling berpengaruh yang anda akan gunakan.

Ada sejumlah tipe yang butuh kita perhatikan :

  • Laptop untuk Kantoran dan Perkuliahan

Kebutuhan kerjaan kantoran dan perkuliahan dalam tugasnya bersinggungan dengan segala file-file baik untuk menciptakan surat, makalah, presentasi, penghitungan keuangan, dan lain-lain, khususnya bersangkutan dengan jenis kegiatan kantoran. Mungkin Anda juga menggunakan untuk mendengarkan musik, game, dan membuka internet. Jenis kegiatan ini tidak perlu laptop dengan spesifikasi tinggi.

  • Laptop Desain Grafis dan Fotografer

Untuk keperluan mendesain, mengambar dan grafis. Ada terkhusus spek sendiri yang disarankan untuk bisa bekerja dengan maksimal. Biasanya software yang dipakai seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, Adobe Lightroom, juga software video contohnya Adobe Premiere Pro dsb. Bisa dikatakan software ini memerlukan laptop dengan spek tinggi dan terbaru. Misalnya untuk RAM paling tidak sekali 4GB, mempunyai kartu grafis yang cocok versi terbarunya menyesuaikan dengan software yang bakal dijalankan. Kemudian keberadaan memori dan kecepatan membaca data pun perlu diperhatikan mengingat kegiatan seorang desain grafis dalam urusanediting terbilang menyibukan laptop dengan menyedot tidak sedikit memori dan juga tingkat tingginya membaca data.

  • Laptop Gaming

Anda lebih banyak menggunakan untuk keperluan bermain game – game berat, dengan jangka waktu lumayan lama, memerlukan performa yang stabil, kualitas tampilan bening dan tajam. Sesekali dipakai menonton film dengan kualis tinggi seperti blueray.

Sediakan Budget yang Sesuai

Jika keperluan Anda telah jelas, kini waktunya menyaksikan berapa besar budget yang kita miliki. Hampir seluruh jenis laptop dapat diakali dengan memilih versi budgetnya. Contoh saja laptop gaming. Laptop gaming yang bagus sering kali sampai puluhan juta Rupiah, tapi kini sudah terdapat pilihan untuk gaming casual yang harganya tidak hingga 20 juta Rupiah.

Semisal duit Anda paling terbatas tapi perlu yang harga tinggi, melakukan pembelian laptop second juga dapat jadi pilihan. Sekarang sudah tidak sedikit platform toko online yang mempermudah Anda untuk menggali barang second yang masih bagus. Selama Anda dapat menemukan laptop bekas atau second yang pas, Anda dapat memenuhi keperluan laptop anda dengan harga murah.

Pastikan Garansi dan Service

Garansi ialah salah satu urusan yang mesti kita perhatikan dalam memilih laptop, karena sering kali lamanya waktu jaminan dapat menjadi acuan sebuah produk tersebut mempunyai kualitas yang bagus atau tidak. Misalnya laptop Asus, dia berani memberikan jaminan sampai dengan 2 tahun. Atau Dell dengan pedenya, saat laptop kita rusak, bakalan diganti dengan baru. Dalam melakukan pembelian laptop pastikan juga ketersediaan service center-nya, usahakan letak service centernya tidak jauh atau paling tidak ada di kota kalian sob. Ini bakal mempermudah bila-bila nanti ada kendala atau kerusakan pada laptop yang dibeli, sehingga kendala atau kerusakan yang ada dapat cepat diatasi.

Harga Jual Kembali dan Bonus

Anda perlu menggali terlebih dahulu jenis, brand, atau laptop yang terdapat harga jual kembalinya tidak terlampau jauh, bila Anda suatu saat hendak menjualnya kembali dan melakukan pembelian laptop baru lagi tidak merasakan kerugian yang signifikan. anda perlu memperhatikan bonus guna mendapatkan ekstra keuntungan.

Cek Kondisi Secara Detail

Setelah bersinar dan tertarik melakukan pembelian cek kembali urusan – urusan yang tidak jarang terlupa. Tampilan, kontras warna, kabel plug, wifi, bluetooth, dan spek yang ditawarkan lainnya. Lihat lisensi produk softwarenya, dvd slot cek saat dipasang mouse dan sejumlah detail lainnya. Jangan sampai sudah percaya dan tertarik saat dihidupkan kosong melompong tidak ada aplikasi yang terinstall sama sekali. Kamu pusing dan dua kali bertanya ke dealer penjual.

Nah itu dia tadi sejumlah langkah, tips wajib untuk anda yang sedang mencari dan memerlukan laptop dan berniat membeli. Jadi tidak terdapat penyesalan saat membeli laptop kelak di dikemudian hari.

Tags: