Ingin Menata Ruang Kantor, Coba Lihat 4 Macam Tata Ruang Kantor Ini

Tata ruang kantor menjadi satu urusan yang pun penting dilakukan supaya dapat memberi rasa nyaman untuk para pekerja sehingga kegiatan dapat dilaksanakan dengan fasih tanpa hambatan. Penataan ini ruang kantor ini mencantol pengaturan lokasi kerja, perlengkapan kantor dan sekian banyak perlengkapannya.

Secara umum tata ruang kantor dapat dipecah menjadi dua, yaitu tata ruang kantor tersingkap dan tata ruang kantor tertutup. Tata ruang kantor terbuka seringkali dalam satu kantor dapat diisi oleh tidak sedikit orang sekaligus yang terbagi dalam sejumlah divisi tanpa batas/sekat yang terlampau jelas. Sedangkan tata ruang kantor tertutup biasanya antara pegawai satu dengan yang lainnya diceraikan oleh pembatas, dapat berupa pembatas sketsel, tembok, atau yang launnya.

Meskipun secara garis besar tata ruang kantor terdiri dari dua macam, tetapi Sedarmayanti (2009: 128) berasumsi bahwa kedua jenis tata ruang itu masih dapat dipisahkan lagi menjadi empat macam tata ruang kantor, yakni :

1. Tata ruang kantor tertutup / berkamar (cubicel type offices)

cubicel type offices

Merupakan tata ruang kantor dimana setiap orang atau divisi dalam kantor diceraikan melalui sekat-sekat maupun tembok sampai-sampai ruang kerja terdiri dari kamar-kamar privat untuk mengerjakan berbagai kegiatan pekerjaannya.

Bentuk dari ruang kantor ini dapat tertutup penuh sampai bagian plafon, terdapat yang hanya diberi batas oleh sekat separo badan maupun sekat setinggi manusia. Beberapa kantor dengan tata ruang tertutup terdapat yang mempunyai pintu dan ada pun yang tak berpintu. Bagi kantor yang tidak berpintu sekat difungsikan untuk memberi batas padangan mata supaya dalam mengerjakan pekerjaan dapat lebih fokus.

Membuat kantor dengan tata ruang tertutup, laksana para pegawai yang bekerja didalamnya memiliki sejumlah keuntungan. Keuntungan itu diantaranya ialah :

  • Dapat menjamin fokus kerja sebab pandangan diberi batas oleh sekat;
  • Memiliki privasi yang tinggi sehingga kegiatan yang mempunyai sifat rahasia bisa terjamin kerahasiaanya;
  • Ruang kerja setiap divisi bisa dibedakan, dapat mengawal status setiap jabatan, dan terpeliharanya kewibawaan pimpinan;
  • Kebersihan kerja lebih terjamin sebab masing-masing orang mempunyai tanggung jawab atas ruang yang ia gunakan.

Selain sejumlah keuntungan yang sudah dilafalkan diatas, dengan memakai tata ruang kantor tertutup pun memiliki kekurangan dan kerugiannya, yakni :

  • Karena adanya sekat pembatas, mengakibatkan komunikasi antar pegawai tidak dapat dilaksanakan secara langsung;
  • Membutuhkan ongkos lebih besar, mulai dari pembelian sekat, ongkos pemeliharaan ruangan, penataan cahaya, dan ongkos pembelian perlengkapan dan perangkat kantor lainnya;
  • Pemakaian ruangan tidak luwes jika suatu ketika ada evolusi tempat maupun ketika terjadi perombakan organisasi;
  • Kondisi kantor yang tertutup bisa mempersulit pengawasan;
  • Membutuhkan ruang yang lebih luas untuk mengatur semua perlengkapan dan perangkat kantor.

2. Tata ruang kantor terbuka (open plan offices)

open plan offices

Tata ruang kantor terbuka ialah ruangan kerja yang didalamnya terdapat tidak sedikit karyawan maupun divisi kerja yang tidak diceraikan oleh pembatas apapun sampai-sampai ruang kerja terlihat lumayan luas. Ruang kerja laksana ini seringkali karyawan dapat menduduki satu meja eksklusif dan dapat juga dalam satu meja dapat ditempati oleh sejumlah karyawan sekaligus.

Menggunakan tata ruang kantor yang tersingkap memiliki sejumlah keuntungan dan kerugian. Keuntungan andai menggunakan tata ruang kantor ini diantaranya ialah:

  • Pimpinan lebih mudah mengerjakan pengawasan terhadap kinerja setiap karyawan;
  • Mempermudah penataan cahaya sebab dalam satu ruang tidak memerlukan penerangan yang tidak sedikit sebagaimana tata ruang kantor tertutup;
  • Sirkulasi udara dapat lebih baik dan dapat ditata dengan mudah sebab tidak terlalu tidak sedikit sekat maupun tembok permanen;    Dekorasi kantor dapat dibuat dengan mudah sebab tidak terlalu tidak sedikit pernak-pernik yang dibutuhkan;
  • Lebih luwes jika sebuah saat diperlukan perubahan tata ruang;
  • Komunikasi antar karyawan dapat lebih mudah sebab tidak terdapat pembatas Dapat dilaksanakan penyeragaman kerja dan memudahkan dalam pembagian perlengkapan kerja;
  • Lebih menghemat biaya, dan lain-lain.

Meskipun tata ruang kantor tersingkap memiliki tidak sedikitmkelebihan dan keuntungannya, tetapi dengan tata ruang ini pun memiliki sejumlah kerugian, diantaranya ialah :

  • Para karyawan lebih susah untuk konsentrasi dalam mengerjakan pekerjaannya;
  • Suasana kerja berpotensi gaduh dan bising sebab masing-masing orang dapat ngobrol dan bersenda gurau;
  • Batas status antara pimpinan dan bawahan tidak jelas;
  • Kerahasiaan kegiatan tidak terjamin sebab masing-masing orang dapat mengawasi pekerjaan orang lain;
  • Kondisi kantor dapat terlihat tidak cukup rapi bila tidak sedikit tumpukan berkas yang tidak diatur dengan baik.

3. Tata ruang kantor berhias/berpanorama (landscape offices)

landscape offices

Tata ruang kantor berhias ialah ruang kerja yang dihiasi oleh sekian banyak  elemen hias guna mempercantik ruangan kantor. Beberapa unsur hias ini dapat berupa tumbuhan hidup, tumbuhan sintetis, maupun bahan hiasan lain laksana kain, sterofoam, gabus dan beda sebagainya.

Beberapa perusahaan menciptakan tata ruang kantor berdandan ini dalam format seperti lingkungan outdoor dimana di dalam kantor itu ada pemandangan alam yang terbuka sampai-sampai dapat menciptakan dunia kerja yang lebih nyaman dan segar.

Keuntungan memakai tata ruang kantor ini ialah :

  • Suasana kerja dalam kantor lebih nyaman sehingga semua pegawai lebih kerasan dalam kantor;
  • Suasana yang nyaman dapat mengurangi ketegangan syaraf dalam bekerja;
  • Dapat menghindari kebisingan dan kegaduhan ketika bekerja;
  • Produktivitas kerja bisa meningkat sebab dalam mengerjakan pekerjaan dapat dilakukan lebih efektif dan efisien.

Beberapa kerugian yang barangkali terjadi andai menggunakan tata ruang kantor ini ialah :

  • Membutuhkan ongkos yang besar guna mendesain dan menciptakan dekorasinya;
  • Biaya pemeliharaan lumayan tinggi;
  • Membutuhkan tenaga berpengalaman yang dapat membuat suasana yang cocok harapan.

4. Tata ruang kantor gabungan

Tata ruang kantor gabungan ialah ruang kantor yang terdiri dari campuran antara sejumlah bentuk ruang kantor tertutup, ruang kantor terbuka, dan ruang kantor berhias. Tata ruang kantor campuran ini tidak sedikit digunakan sebab dari ketiga format ruang kantor yang telah dilafalkan diatas memiliki kerugiannya masing-masing. Dengan menggabungkan berbagi bagian yang terbaik, maka situasi kantor gabungan dapat menjadi opsi untuk membuat suasana kantor yang lebih kondusif.

Tags: